font1

Dibentuk pada pertengahan 2010, band asal Tangerang Selatan ini megusung genre Rock. Pada dasarnya band ini terfokus pada aliran Garage Rock dan Rock and Roll. Namun, seiring berjalannya waktu dan banyaknya keragaman dari aliran musik yang didengarkan oleh tiap personelnya, Jonkoppings banyak dipengaruhi oleh aliran musik seperti Blues, British Rock, Fuzz Rock, Alternative dan Post-Punk.

Aldian Dimas Faturrahman, Emir Oktarianto, Fajar Darmasto, Rommy Bayu Tirta, dan Ulama Andika dipertemukan di sebuah sekolah menengah pertama di daerah Pamulang. Alam (Ulama Andika) yang terobsesi dengan film School of Rock, mulai mengenal Black Sabbath, Led Zeppelin, AC/DC, The Who pada masa sekolah dasarnya. Sedangkan Emir sudah mahir bermain gitar klasik saat masa sekolah dasar. Jonkoppings sendiri banyak terpengaruh dari band-band seperti The Hives, The Who, The Strokes, Ramones dan Wolfmother, juga tidak lepas dari band-band lokal macam The S.I.G.I.T, The Brandals dan  lain-lain.

Pada awalnya Emir, Rommy & Alam pernah bermain bersama dalam band Thrashard ketika duduk di bangku kelas 3 SMP. Namun Thrashard bubar ketika mereka lulus dari SMP dikarenakan kurang nya keinginan untuk menjalankan band itu. Dalam band ini Emir mengisi posisi bass bukan gitar.

Setelah berpisah di bangku SMA Emir menghubungi Alam dan Rommy kembali untuk membuat project band Rock and Roll. Dalam project ini Emir mengisi posisi gitar yg merupakan instrumen yg benar-benar dia kuasai, Emir juga mengajak Aldian teman sekelas Rommy ketika SMP untuk mengisi posisi bass.

Fix dengan formasi ini, mereka melakukan jamming/latihan pertamanya dan dari sini langsung tercipta lagu “Cigarette” yang menjadi single pertama Jonkoppings. Tetapi Emir merasa masih ada ruang kosong di dalam band itu, mengingat diantara mereka berempat tidak ada yg menguasai teknik vokal dengan baik. Maka mereka mulai mencari orang yang tepat yang bisa mengisi posisi vokal untuk  Jonkoppings.

Dari sinilah Fajar/Jarwo bergabung yang notabene merupakan teman SMP mereka dulu. Pada dasarnya Fajar belum pernah menjadi vokalis untuk band yang beraliran seperti Jonkoppings, pada masa SMP ia lebih tertarik dengan musik-musik Metal dan Hardcore. Oleh karena itu menjadi tantangan untuk mengubah karakter suaranya ke arah yang sedikit lebih “jernih”.

Bergabungnya Fajar juga banyak berkontribusi besar dalam hal penulisan lirik. Dalam penulisan lirik, Fajar sangat terinspirasi oleh gaya penulisan lirik dari salah satu vokalis favoritnya, yaitu Jimi Multhazam (Vokalis The Upstairs dan Morfem). Karena band ini terbentuk dan dirintis sejak para personilnya masih duduk di bangku SMA, tema lirik Jonkoppings banyak terpengaruh dari kehidupan masa SMA. Seperti halnya dalam lirik lagu Cigarette yang beropini bahwa segala masalah dan gejolak yang banyak timbul pada diri anak remaja dapt dicari jalan keluarnya dengan menghisap rokok saja. Lalu pada lagu Jalan Raya yang menceritakan tentang masa-masa remaja yang sedang senang-senangnya mengendarai mobil kemudian berubah menjadi kepanikan ketika mendapat pengalaman menabrak pertama dalam mengemudinya. Kemudian lagu Red Roses adalah satu-satunya lagu yang bertemakan percintaan, dalam lagu ini mereka sedikit memasukkan unsur blues namun tetap dengan karakter sound distorsi gitar yang  kasar.

Memasuki masa kelulusan SMA, drummer Rommy mulai mengalai kesulitan dalam membagi waktu untuk kuliah dan ngeband. Kemudian, saat memasuki semester 3 kuliahnya, ia memutuskan untuk mengundurkan diri dari Jonkoppings. Sehingga sekarang pada posisi drum diisi oleh Fachri Arjuna yang lebih akrab disapa Ari. Ari memiliki basic permainan drum yang sangat baik karena ketika masih duduk di bangku SMP ia sempat mengikuti les drum selama beberapa tahun. Kehadiran Ari juga memberikan warna baru dalam musik Jonkoppings dengan karakter permainannya yang berbeda dengan Rommy. Maka dari itu, formasi Jonkoppings yang masih bertahan hingga saat ini diisi oleh Aldian Dimas Faturrahman (Bass), Emir Oktarianto (Gitar), Fajar Darmasto (Vokal), Fachri Arjuna (Drum) dan Ulama Andika (Gitar).

Sejauh ini Jonkoppings sudah bermain di beberapa pensi / acara closing SMA sebagai band featuring dan pernah berbagi panggung dengan band seperti Seringai, Souljah, Soulvibe dan Jamica. Pernah juga menjadi guest star dalam acara Final Band Competition Moonzhercup’12, kemudian pada tahun lalu berhasil menjadi juara pertama lomba band di DeltaFest (Pensi SMAN 8 Tangsel).

Belum lama ini, lagu “Jalan Raya” berhasil masuk ke #dradio8tracks di DemajorsRadio (radio online dari label indie ternama Demajors). Bisa merequest lagu kami dengan langsung mention ke @demajorsradio dan streaming di http://t.co/zXOsL0jEYS .

Untuk profile band bisa dilihat di www.reverbnation.com/jonkoppings
http://jonkoppings.tumblr.com

Follow juga twitter @Jonkoppings dan Instagram: Jonkoppings

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s